Kamis, 23 Agustus 2012

Wisata Kuliner #1 : Mie Ongklok Wonosobo


Pulang kampung ga lengkap rasanya kalo ga nikmatin lezatnya kuliner khas. Kampung saya, Wonosobo terletak 342 km dari kota Bandung. Udaranya dingin mirip Bandung, tapi menurut saya masih dinginan Wonosobo. Maklum lah Wonosobo dikelilingi pengunungan, salah duanya (soalnya ada 2 gunung terkenal) Sindoro dan Sumbing. Panoramanya indah banget, nih foto duet gunung yang indah di pagi hari:




Salah satu kuliner khas Wonosobo yang ga ada di tempat lain itu adalah MIE ONGKLOK. Mie ongklok itu kuliner yang isinya mie, kol, kucai, daun bawang, kadang-kadang ada tahunya, kuahnya dibuat dari tepung kanji jadi agak kentel gitu. Rasanya manis gurih. Kenapa disebut mie ongklok? Berdasarkan hasil baca-baca buku terbitan pemkab Wonosobo, disebut mie ongklok karena sayuran yang dipakai dimasukin ke wadah anyaman bambu dan diongklok-ongklok alias direndem-angkat di air panas. Sayuran yang udah mateng dituangin di atas mie, trus disiram kuah. Enak banget kalo dimakan anget-anget.

Biasanya mie ongklok disantap dengan sate sama tempe kemul atau lekuk. Kalo sate udah umum lah ya, nah kalo tempe kemul itu sebetulnya tempe goreng tepung tapi dengan taburan kucai, trus warnanya juga kuning cerah. Nah kalo lekuk itu hampir mirip cimol, tapi lebih kenyel-kenyel. Oia, ada yang khas lagi, biasanya disajiinnya pake sendok bebek yang dari stainless. Buat yang masih penasaran sama penampakan mie ongklok, kaya gini nih (*maaf ya fotonya repost, lupa moto):


Taun ini *menurut hasil tengak tengok saya* lebih banyak yang jual mie ongklok. Kalo dulu agak jarang, yang terkenal tuh mie ongklok yang di daerah Longkrang, Tosari, sama yang di Jalan Ahmad Yani *yang kata ibu saya pedagang mie ongklok pertama* namanya mie Ongklok Pak Muhadi. Harganya relatif murah 1 mangkok mie ongklok harganya sekitar 4000-7000, kalo tempe kemul 500-800 per buah, satenya 1000-2000 per tusuk. Kemarin sih yang kerasa enak banget yang di Longkrang, walaupun kuahnya kurang kentel. Bumbunya lebih terasa dan porsinya lebih banyak, mungkin juga efek makan pas banget buka puasa, jadi lagi laper-lapernya. Nah kalo yang Pak Muhadi pernah masuk ke acara “Koper-Ransel” pas pembawa acaranya Mario Lawalata sama Andrea, Angelina Sondakh juga pernah ke sana. Artis-artis itu ngasih testimoni di white board gitu.

Buat mudikers Wonosobo, rasanya ga lengkap kalo ga makan mie ongklok. Makanya di saat libur lebaran parkiran isinya kendaraan Plat B, D, H, AB, atau L. Kalo masih Ramadhan, biasanya udah mulai rame dari jam ½ 5an, nah kalo lebaran hari pertama biasanya ga buka, ato bukanya sore. Hari kedua mulai rame dari pagi, terutama pas makan siang sama makan malem. So, kapan mau nyoba ngongklok?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar