Kamis, 23 Agustus 2012

Oleh-oleh Mudik #1: Carica

*ini repost tugas semester 7 hahahaa
Carica (Carica candamarcensis Hok) merupakan buah langka, di Indonesia tanaman ini hanya tumbuh di Dieng. Tanaman ini berasal dari kepulauan Candamar di Amerika Tengah dan dijumpai juga di Brasilia (Anonima, 2011). Di Dieng Carica juga disebut Kates Dieng atau Gandul Dieng.

Minuman buah carica merupakan minuman khas dari Wonosobo (Dieng) berupa potongan buah carica dalam sirup. Minuman buah carica hanya dapat ditemukan di Wonosobo, tidak seperti oleh-oleh lain yang biasanya dapat ditemukan di daerah sekitar Wonosobo seperti Banjarnegara, Purbalingga, dan Purwokerto. Pengembangan produk minuman buah carica salah satunya dari segi kemasan. Pada awalnya carica dijual dalam kemasan jar kaca, semenjak tahun 2000-an carica mulai dijual menggunakan kemasan gelas plastik. Salah satu produsen carica yaitu UD. Selera Jaya memproduksi carica dalam jar kaca dengan netto 350 g dan 370 g, kemasan gelas plastik dengan netto 220 g, dan kemasan mangkuk plastik dengan netto 250 g. Gambar carica dalam kemasan jar kaca dan magkuk plastik dapat dilihat pada gambar berikut:



Pembuatan minuman buah carica terdiri dari beberapa tahap yaitu pengupasan, pemisahan biji dari buah, pemotongan, pembuatan sirup buah, dan pengemasan. Pengupasan dilakukan untuk menghilangkan kulit buah. Buah carica memiliki banyak getah sehingga pada saat pengupasan, pekerja menggunakan sarung tangan. Setelah dikupas, biji buah dikeruk dan dipisahkan dengan daging buahnya. Biji buah tersebut diperas untuk membuat sirup yang bercita rasa khas. Setelah dipisahkan dengan bijinya, buah dicuci kemudian dipotong-potong dengan bentuk yang menarik (biasanya berbentuk segitiga) dan supaya dapat dikemas dalam botol/ jar. Setelah pemotongan, buah kembali dicuci menggunakan air yang telah diberi garam untuk menghilangkan rasa pahit yang berasal dari getah.
Pembuatan sirup dilakukan dengan memeras biji (beserta selaput yang melapisinya) yang ditambah sedikit air hingga keluar cairan kental yang berbau khas buah carica. Pemerasan dapat dilakukan berkali-kali sampai aroma khas tersebut hilang. Setelah diberi air dan gula pasir secukupnya, sirup tersebut direbus sampai mendidih. Setelah mendidih, sirup yang sudah jadi harus disaring untuk dipisahkan dengan ampasnya.
                Buah yang telah dipotong-potong dan dicuci dimasukkan ke dalam botol, dan dicampurkan dengan sirup. Sebelumnya botol yang digunakan dicuci hingga bersih. Botol yang telah diisi dengan buah dan sirup dimasukkan ke dalam panci untuk diblansing selama 15 menit. Setelah dikukus, botol diambil dari dandang, kembali dipenuhi dengan sirup, dan ditutup rapat-rapat. Botol yang telah ditutup kemudian dipasteurisasi selama 10 menit. Proses pembuatan minuman buah carica dapat dilihat pada gambar berikut:

*tambahannya
harga carica yang kemasan gelas kecil sekitar 3000-4000
harga carica kemasan mangkok 5000-6000
belinya mending di RITA Swalayan, lebih murah, hehe...
Oia, ada Carica yang pedes juga, belom dicobain tapi  *udah dicobain, hasilnya enakan yang original*

*sumber:
Anonima. 2011. Carica, Minuman Khas Wonosobo. Available on-line at: http://goenawanb.com (diakses 1 September 2011).
UD. Selera Jaya. 2010. Oleh-oleh Khas Wonosobo. Leaflet Pemasaran Produk, Wonosobo.




3 komentar:

  1. boleh dong kak bagi infonya tentang carica, kalo mau jadi agennya gimana caranya, kontak saya di 08562879757, nama saya eko, domisili di sumedang, jawa barat.

    BalasHapus
  2. Kami jual manisan buah carica harga terjangkau, menerima pembelian grosir/retail. Produk kami terdaftar di BPOM dan P.IRT hub:085 729 488 019

    BalasHapus
  3. grosir carica silahkan hub 08562641629 (prima). menerima pengiriman keseluruh indonesia. pin:2680D211

    BalasHapus