Kamis, 23 Agustus 2012

Oleh-oleh Mudik #2: Opak Kucai

*repost tugas lagi nih
Opak kucai pada awalnya berasal dari desa Kalibeber, kecamatan Mojotengah Opak kucai khas Wonosobo terbuat dari singkong, awalnya opak dijual di pasar dijual secara kiloan dan dibungkus menggunakan kantung keresek hitam. Saat ini kemasan opak lebih baik, menggunakan plastik tebal yang di-seal sehingga lebih higienis dan menarik. Selain pengembangan produk dari segi pengemasan, terdapat pula pengembangan produk dari segi cita rasa dan warna. Pada awalnya opak berwarna putih dengan rasa original, saat ini terdapat opak dengan ekstra kucai yang berwarna kehijauan, dan opak kucai pedas yang berwarna kemerahan. Ketiga jenis opak tersebut dapat dilihat pada Gambar ini :


Opak kucai dibuat dengan cara menumbuk singkong yang sudah direbus atau dikukus, kemudian menambahkan bumbu seperti garam dan bawang, serta diberi tambahan daun kucai, aroma kucai menyerupai bawang putih sehingga menambah sedap opak yang dihasilkan. Adonan yang telah dihasilkan dibentuk bulat tipis kemudian dijemur hingga kering. 

*plus
harga opak ini murah, trus kalo udah digoreng jadi banyak banget,  cukup buat se-RT, cuma ya itu, sekali masuk mulut pengennya masukin lagi... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar